Kamis, 22 September 2011

soal akuntansi perusahaan dagang

UD Merapi Solo di bidang jual beli guci keramik ( FIFO , perpetual) mengadakan transaksi sebagai berikut:
Nov 30 pemilik menyerahkan aktiva berupa kas sebesar Rp 100.000.000 dan kendaraan
sebesar Rp 50.000.000,00
des 2 Dibeli 20 guci dari Toko Bakti secara kredit, Yogyakarta sebesar Rp3.200.000,00
dengan syarat 2/10, n/30. FOB destination point
4 Dikirim kembali kepada Toko Bakti, Yogyakarta 5 guci karena tidak sesuai dengan
Pesanan
5 dibayar sewa tempat dengan pendekatan income statement sebesar Rp 1.200.000
1 tahun
6 dibayarkan asuransi sebesar Rp 600.000,00 untuk 6 bulan
5 Dibeli 20 guci dari CV Sinar, Solo sebesar Rp3.700.000,00 dengan syarat 3/10, n/30.
6 Dibayar beban pengangkutan barang dagangan yang dibeli tanggal 5 Maret 2006
sebesar Rp140.000,00.
9 membeli perlengkapan sebesar RP 2.000.000 ,00 tunai
10 dijual 10 guci kepada PT Amuna seharga Rp 250.000,00 / guci secara kredit ,
2/10 , n/eom, FOB shipping point dibayar terlebih dahulu Rp 100.000,00
11 melunasi pemebelian tgl 2 maret
12 Dibeli 10 guci dari CV Bumi Jaya, Semarang sebesar Rp1.300.000,00. Biaya
transport sebesar Rp 150.000,00 dibayar oleh UD merapi (FOB shipping point).
15 Dikirim kembali 3 guci kepada CV Bumi Jaya, Semarang karena tidak
sesuai dengan kualitasnya.
15 Melunasi transaksi tgl 5 maret
16 Dijual 10 guci seharga Rp 300.000,00 / guci kepada PT selera , 2/10 .n/eom
17 Melunasi pembelian tgl 12 maret
20 Dijual 5 guci kepada UD Bintang, Solo sebesar Rp2.000.000,00 tunai
21 Diterima pelunasan transaksi tgl 10 maret
21 Diterima pengembalian barang dari PT selera 2 guci karena rusak
24 Dibeli 15 guci seharga Rp 1.875.000,00 tunai
27 Dibeli sebuah peralatan kantor seharga Rp1.300.000,00 tunai
28 Dijual 20guci sebesar Rp 6.000.000,00 tunai.
28 Dijual 5 guci sebesar Rp 2.000.000,00 kredit kepada PT keramik, FOB shipping point
29 Dibeli 5 guci seharga Rp 625.000,00 kredit , transport Rp 100.000,00
29 Dibayar gaji pegawai Rp 5.000.000,00
29 Diterima pelunasan atas transaksi 16 maret
29 Dibayar beban listrik , telepon dan air sebesar Rp1.500.000,00
30 Dibayarkan beban iklan Rp 300.000,00

Data untuk penyesuaian sbg berikut
1. a. Bank menyetor uang sejumlah Rp 2 juta tatapi bank belum mencatat
b. bank melakukan penagihan sebesar Rp 10.500.000,00 terhadap faktur Rp 10.000.000,00
c. PT keramik mentransfer pembayaran ke bank tetapi tidak ada pemberitahuan
d. Cek sebesar Rp 5.000.000 dari CV Joglo ternyata tidak bisa dicairkan
e. biaya administrasi bank sebesar Rp 75.000,00
f. Cek yg seharusnya dituliskan sebesar Rp 1.500.000,00 , tertulis Rp 1.550.000
2. penyesuaian untuk transaksi tanggal 5 dan 6 desember
3. beban penyusutan kendaraan sebesar Rp 2.500.000,00
4. peralatan mempunyai umur ekonomis 1 tahun dengan sisa Rp 100.000,00
5. perlengkapan yg tersisa Rp 1.500.000,00
6. Ada beban maintenance kendaraan yg terutang sebesar Rp 200.000,00


Berdasarkan data-data tersebut, kerjakanlah soal-soal berikut!
a. Catatlah transaksi-transaksi tersebut ke dalam special jurnal dan jurnal umum! Lalu posting ke buku besar
b. selesaikan worksheet dan buat 3 laporan keuangan
c. lakukan jurnal penutup dan semua jurnal balik kecuali yang tidak diperbolehkan.

1 komentar:

  1. Gan ane mau minta bantuan dong ada soal seperti ini gimana ya ??

    buat SIKLUS akutansi mulai dari pencatatan dengan jurnal umum sampai menyajikan kaporan keuangan dan neraca saldo setelah jurnal penutup dan jurnal pembalik

    ini SOALNYA

    UD Merapi Solo di bidang jual beli guci keramik ( FIFO , perpetual) mengadakan transaksi sebagai berikut:
    1.Nov 30 pemilik menyerahkan aktiva berupa kas sebesar Rp 100.000.000 dan kendaraan
    sebesar Rp 50.000.000,00
    2.des 2 Dibeli 20 guci dari Toko Bakti secara kredit, Yogyakarta sebesar Rp3.200.000,00
    dengan syarat 2/10, n/30. FOB destination point
    3. Des 4 Dikirim kembali kepada Toko Bakti, Yogyakarta 5 guci karena tidak sesuai dengan
    Pesanan
    4. Des 5 dibayar sewa tempat dengan pendekatan income statement sebesar Rp 1.200.000 1 tahun
    5. Des 6 dibayarkan asuransi sebesar Rp 600.000,00 untuk 6 bulan
    6. Des 6 Dibeli 20 guci dari CV Sinar, Solo sebesar Rp3.700.000,00 dengan syarat 3/10, n/30.
    7. Des 6 Dibayar beban pengangkutan barang dagangan yang dibeli tanggal 5 Maret 2006
    sebesar Rp140.000,00.
    8. Des 9 membeli perlengkapan sebesar RP 2.000.000 ,00 tunai
    9. Des 10 dijual 10 guci kepada PT Amuna seharga Rp 250.000,00 / guci secara kredit ,
    2/10 , n/eom, FOB shipping point dibayar terlebih dahulu Rp 100.000,00
    10. Des 11 melunasi pemebelian tgl 2 maret
    11. Des 12 Dibeli 10 guci dari CV Bumi Jaya, Semarang sebesar Rp1.300.000,00. Biaya
    transport sebesar Rp 150.000,00 dibayar oleh UD merapi (FOB shipping point).
    12. Des 15 Dikirim kembali 3 guci kepada CV Bumi Jaya, Semarang karena tidak
    sesuai dengan kualitasnya.
    13. Des 15 Melunasi transaksi tgl 5 maret
    14. Des 16 Dijual 10 guci seharga Rp 300.000,00 / guci kepada PT selera , 2/10 .n/eom
    15. Des 17 Melunasi pembelian tgl 12 maret
    16. Des 20 Dijual 5 guci kepada UD Bintang, Solo sebesar Rp2.000.000,00 tunai
    17. Des 21 Diterima pelunasan transaksi tgl 10 maret
    18. Des 21 Diterima pengembalian barang dari PT selera 2 guci karena rusak
    19. Des 24 Dibeli 15 guci seharga Rp 1.875.000,00 tunai
    20. Des 27 Dibeli sebuah peralatan kantor seharga Rp1.300.000,00 tunai
    21. Des 28 Dijual 20guci sebesar Rp 6.000.000,00 tunai.
    22. Des 28 Dijual 5 guci sebesar Rp 2.000.000,00 kredit kepada PT keramik, FOB shipping point
    23.Des 29 Dibeli 5 guci seharga Rp 625.000,00 kredit , transport Rp 100.000,00
    24.Des 29 Dibayar gaji pegawai Rp 5.000.000,00
    25.Des 29 Diterima pelunasan atas transaksi 16 maret
    26. Des 29 Dibayar beban listrik , telepon dan air sebesar Rp1.500.000,00
    27.Des30 Dibayarkan beban iklan Rp 300.000,00

    Data untuk penyesuaian sbg berikut
    1. a. Bank menyetor uang sejumlah Rp 2 juta tatapi bank belum mencatat
    b. bank melakukan penagihan sebesar Rp 10.500.000,00 terhadap faktur Rp 10.000.000,00
    c. PT keramik mentransfer pembayaran ke bank tetapi tidak ada pemberitahuan
    d. Cek sebesar Rp 5.000.000 dari CV Joglo ternyata tidak bisa dicairkan
    e. biaya administrasi bank sebesar Rp 75.000,00
    f. Cek yg seharusnya dituliskan sebesar Rp 1.500.000,00 , tertulis Rp 1.550.000
    2. penyesuaian untuk transaksi tanggal 5 dan 6 desember
    3. beban penyusutan kendaraan sebesar Rp 2.500.000,00
    4. peralatan mempunyai umur ekonomis 1 tahun dengan sisa Rp 100.000,00
    5. perlengkapan yg tersisa Rp 1.500.000,00
    6. Ada beban maintenance kendaraan yg terutang sebesar Rp 200.000,00

    BalasHapus